Assalamualaikum Wr. Wb

Assalamualaikum Wr. Wb

Panggil saya "Enddud", Saya anak kedua dari 2 bersaudara. Lahir dari rahim seorang wanita yang bernama "Nur Hidayah" dan laki-laki yang sangat mencintai beliau "Warno", saya lahir pada tanggal 23 September 1993. Dan kakak saya bernama "Maria Novita", dia juga sudah menikah.

Kehidupan saya dan keluarga saya biasa-biasa saja, tapi saya sangat bersyukur kepada ALLAH SWT karena dengan rahmat-NYA saya bisa mengenyam pendidikan sampai sekarang, dan alhamdulillah orang tua saya bisa memberikan apapun kepada saya sesuai dengan kebutuhan saya J

Latar pendidikan saya juga biasa-biasa saja. Saya juga bukan orang yang pintar dalam segala hal, saya juga bukan orang sempurna dalam segala hal, tapi saya punya semangat yang tinggi untuk belajar dalam segala hal.

Pendidikan saya berawal dari TK. Handayani Waru, kemudian berlanjut ke MINU Kedungrejo Waru dan alhamdulillah lulus tahun 2005, dan saya juga diterima test di SMP Negeri 2 Waru dan lulus tahun 2008. Pendidikan selanjutnya saya melanjutkan di SMK YPM 3 Taman jurusan Multimedia, dan alhamdulillah lulus tahun 2011.

Saat ini saya melanjutkan study saya di STIKOM Surabaya jurusan S1 Sistem Informasi. Suatu kebanggaan tersendiri bagi saya bisa melanjutkan kuliah, dan semoga bisa berlanjut kejenjang yang lebih tinggi, Amiien :).

saya itu egois, keras kepala, manja, friendship, jahat, nakal, banyak juga. banyak jeleknya juga, yaitulah manusia :)

Motto saya : Apapun yang terjadi tetap semangat. Karena dalam keadaan apapun semangatlah yang kita butuhkan. semangatlah yang jadi motivasi kita dalam keadaan apapun.

semangat untuk mengejar cita-cita, keinginanmu, tujuanmu. Karena itulah tujuan kamu hidup :)

love you :)

Pengikut

Enddud. Diberdayakan oleh Blogger.

Arsip Blog

Official Site STIKOM Surabaya

S1 Sistem Informasi

OKK STIKOM Surabaya

Minggu, 16 Oktober 2011

postheadericon Membuat Perencanaan Penanggulangan Gaptek Di Daerah



Berbagai peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi salah satunya yaitu peranan Teknlogi Informasi dan Komunikasi di bidang pertanian. Dan melalui internet segala bentuk informasi seputar dunia pertanian dapat diakses dengan mudah. Salah satu contohnya produk ponsel Nokia mengeluarkan produk seri dengan nama “Nokia Life tools” yang mempunyai program aplikasi berisi tentang informasi pertanian. Dari sini saya mempunyai ide untuk membuat program pengenalan, pelatihan, dan pemanfaatan internet bagi para petani. Kenapa saya memilih ini? Seperti kita ketahui bersama kemajuan teknologi dan informasi yang sangat pesat dewasa ini, tidak diimbangi dengan pemerataan penggunaannya. Sebagai contoh : bila dikota besar kita semua bisa dengan mudahnya mengakses internet, tidak demikian dengan di daerah. Bagaimana kita bisa tahu dan mengenal bila mengaksesnya saja sulit. Padahal informasi itu sangat penting bagi para petani.
Dalam perencanaan penanggulangan gaptek didaerah saya mengambil tema “Lansia Onlend”. Kenapa saya ambil tema tersebut? Karena sasaran dari kegiatan ini adalah para petani di daerah yang rata-rata usianya sudah diatas 40th, sedangkan kata lansia sendiri digunakan untuk menarik minat dan keingintahuan masyarakat sehingga diharapkan banyak yang mengikuti kegiatan ini.
Kegiatan ini berupa pengenalan, pelatihan, dan pemanfaatan internet berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi untuk para petani di daerah. Yaitu bagaimana memanfaatkan internet sebagai media informasi untuk pengelolaan dan pengembangan sistem pertanian yang sesuai dengan daerah setempat sehingga dapat menghasilkan hasil panen yang maksimal sekaligus bagaimana pengolahannya agar tepat guna, dan memberikan nilai tambah bagi petani.

What (Apa)
Dalam kegiatan ini apa yang akan saya kerjakan adalah melakukan pengenalan, pelatihan, dan pemanfaatan internet sebagai media teknologi informasi bagi para petani. Disini saya akan mengajukan kerjasama dengan pihak provider “Telkomsel” untuk memberikan layanan jaringan internet di daerah “Mbalongpoh” berupa pemasangan tower untuk mempermudah akses internet, karena sepengetahuan saya tidak ada tower. Saya juga akan mengajukan kerjasama dengan pihak “Apple” berupa penyedian 5 unit laptop sebagai media pengakses informasi. Disini saya juga akan mengajak beberapa mahasiswa STIKOM Surabaya yang berminat dan mempunyai visi yang sama dalam kegiatan ini. Kerjasama diajukan dengan pihak desa, dimana kegiatan ini akan dilaksanakan. Adapun beberapa kendala yang mungkin akan dihadapi dilapangan, seperti : masalah prosedural yang harus dilalui untuk perijinan, kurangnya partisipasi dari warga sekitar yang menganggap hal ini kurang penting, pencarian dana untuk kegiatan ini, dan beberapa kendala yang mungkin akan kami hadapi dan tidak terduga.

Where (Dimana)
Kegiatan pengenalan, pelatihan, dan pemanfaatan internet untuk pertanian dengan tema “Lansia Onlend” akan dilakasanakan di desa “Mbalongpoh”, diadakan di balai desa. Lokasi tersebut saya pilih karena semua penduduk mengetahuinya dan akses menuju lokasinya mudah. Sarana dan prasarana disediakan oleh pihak sponsor dan Aparat desa. Para pelatih adalah rekan-rekan mahasiswa yang membantu dalam program pelatihan ini, dibantu oleh aparatur desa.

When (Kapan)
Kegiatan pengenalan, pelatihan, dan pemanfaatan internet untuk pertanian dengan tema “Lansia Onlend” akan dilakasanakan di desa “Mbalongpoh” selama 3 bulan mulai dari bulan Januari 2012 - Maret 2012, dengan pertemuan 1 minggu sekali pada hari minggu sore jam 16.00 WIB. Kenapa saya mengambil hari minggu sore? Karena waktu libur kami sebagai mahasiswa hanya hari minggu, dan para petani selesei bekerja pada sore hari.





Why (Mengapa)
Seperti uraian saya diatas, mengapa saya memilih membuat kegiatan pengenalan, pelatihan, dan pemanfaatan internet sebagai media teknologi informasi bagi para petani. Seperti kita ketahui bersama kemajuan teknologi dan informasi yang sangat pesat dewasa ini, tidak diimbangi dengan pemerataan penggunaannya. Sebagai contoh : bila dikota besar kita semua bisa dengan mudahnya mengakses internet, tidak demikian dengan di daerah. Bagaimana kita bisa tahu dan mengenal bila mengaksesnya saja sulit. Padahal informasi itu sangat penting bagi para petani.

Who (Siapa)
Disini saya sebagai ketua pelaksana, bertaggung jawab untuk pelaksanaan kegiatan pengenalan, pelatihan, dan pemanfaatan internet sebagai media teknologi informasi bagi para petani secara keseluruhan. Saya dibantu oleh rekan-rekan yang lain yang bertanggung jawab dilapangan sesuai dengan pembagian tugas yang telah kami sepakati sebelumnya.

How (Bagaimana)
Langkah pertama, saya dan beberapa rekan-rekan mahasiswa yang lain melakukan diskusi untuk merencanakan program kegiatan ini. Setelah itu kami melakukan survei lokasi untuk tempat diadakannya kegiatan tersebut dan penyusunan rencana kerja. Setelah tersusun rencana kerja program kegiatan ini, kami mengajukan kepada pihak STIKOM Surabaya karena kegiatan ini kami lakukan dibawah almamater STIKOM Surabaya, sebagai kegiatan sosial mahasiswa.
Langkah selanjutnya, adalah pembuatan beberapa proposal yang nantinya akan diajukan pada pihak sponsor yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Proposal ini juga diajukan di pemerintah daerah tempat akan diadakan kegiatan ini. Dan untuk kegiatan yang lain akan dilaksanakan pada saat dilapangan dan tidak dapat dijelaksan secara rinci disini.

Demikian perencanaan ini saya buat, semoga rencana kegiatan pengenalan, pelatihan, dan pemanfaatan internet sebagai media teknologi informasi bagi para petani dengan tema “Lansia Onlend” dapat dilaksanakan dengan baik dan mendapatkan apresiasi yang baik dari masyarakat.

0 komentar:

About Me

Foto Saya
HiLda Sii Enddud
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia
Hilda Sii Enddud adalah seorang anak manusia yang penuh dengan kekurangan, tapi tidak mau kekurangan itu menjadi halangan untuk kehidupannya. Apapun yang terjadi tetap semangat :)
Lihat profil lengkapku